1. Jembatan Banpo (Korea Selatan) : Jembatan Air Mancur
Tanggal 9 September 2008, Jembatan
Banpo di Seoul (Korea Selatan) menjalani operasi facelift besar-besaran:
sebuah air mancur 10.000 selang yang membentang di kedua pinggirnya.
Setelah dipasang, jembatan ini berubah menjadi atraksi turis besar,
ketika jembatan ini menembakkan 190 ton air per menit menggunakan air
sungai di bawahnya.
Quote:
2. Jembatan Millau (Perancis): Jembatan Tertinggi di Dunia
Setinggi 1.125 kaki di atas Lembah Tarn di selatan Perancis, mengarungi Jembatan Millau bisa dikatakan seperti terbang. Karya Foster & Partners ini sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel, memakan tiga tahun untuk pembangunan dan dibuka pada umum tahun 2004. Selain memberikan pemandangan lembah di bawahnya, ketika awan terbentuk di bawah jembatan, Millau bukanlah rute bagi orang yang takut ketinggian! Jembatan Millau memiliki panjang total 8.071 kaki dengan rentangan tunggal terpanjang 1.122 kaki dan kejelasan maksimum di bawah adalah 886 kaki; jadi jembatan ini sangat indah dalam bentuk miniatur ataupun bentuk aslinya. Dek jembatan ditopang oleh 7 pilon dan berbobot 36.000 ton. 7 menara, masing-masing setinggi 292 kaki dan berbobot 700 ton, dipasang ke pilon penopang
Setinggi 1.125 kaki di atas Lembah Tarn di selatan Perancis, mengarungi Jembatan Millau bisa dikatakan seperti terbang. Karya Foster & Partners ini sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel, memakan tiga tahun untuk pembangunan dan dibuka pada umum tahun 2004. Selain memberikan pemandangan lembah di bawahnya, ketika awan terbentuk di bawah jembatan, Millau bukanlah rute bagi orang yang takut ketinggian! Jembatan Millau memiliki panjang total 8.071 kaki dengan rentangan tunggal terpanjang 1.122 kaki dan kejelasan maksimum di bawah adalah 886 kaki; jadi jembatan ini sangat indah dalam bentuk miniatur ataupun bentuk aslinya. Dek jembatan ditopang oleh 7 pilon dan berbobot 36.000 ton. 7 menara, masing-masing setinggi 292 kaki dan berbobot 700 ton, dipasang ke pilon penopang
Quote:
3. Henderson Waves (Singapura): Jembatan Pejalan Kaki Terindah
Pada ketinggian 36 meter atau 12
tingkat dari permukaan jalan, jembatan ini merupakan jembatan pejalan
kaki tertinggi di Singapura. Jembatan sepanjang 300 meter ini
menghubungkan taman di Mount Faber dan Telok Blangah Hill
Quote:
4. Jembatan Teluk Hangzhou (Cina): Jembatan Lintas Lautan Terpanjang di Dunia
Melintasi Teluk Hangzhou berdirilah
jembatan lintas lautan terpanjang di dunia, dengan panjang 35,673
kilometer (22 mil) dengan enam lajur jalan tol dua arah. Jembatan ini
dibangun untuk menangani kemacetan lalu lintas di wilayah yang sedang
berkembang pesat, memotong waktu tempuh antara Shanghai dan Ningbo dari
empat jam menjadi 2,5 jam.
Quote:
5. Rolling Bridge (Britania Raya): Jembatan yang dapat menggulung sendiri
Dirancang oleh Heatherwick Studio,
Rolling Bridge pemenang penghargaan ini terletak di Paddington Basin,
London. Daripada menggunakan mekanisme jembatan terbuka konvensional,
yang terdiri dari elemen rigid tunggal yang naik untuk membolehkan kapal
lewat, Rolling Bridge menggulung diri hingga dua ujungnya bertemu.
Ketika dalam posisi horizontal, jembatan ini merupakan jembatan pejalan
kaki besi dan kayu normal; terbuka penuh, jembatan ini membentuk
lingkaran di satu sisi yang berbeda dari posisi lurusnya. Dua belas
meter panjangnya, jembatan ini dibuat oleh delapan bagian besi dan kayu,
dan dibuat melengkung oleh tenaga hidrolik yang dipasang di handrail
setiap bagian.
Quote:
6. Jembatan Oliveira (Brazil): Jembatan kabel berbentuk X pertama di dunia
Jembatan Octavio Frias de Oliveira yang
melintasi Sungai Pinheiros di São Paulo, Brazil dibuka bulan Mei 2008.
Setinggi 138 meter (450 kaki), dan menghubungkan Marginal Pinheiros
dengan Jornalista Roberto Marinho Avenue. Desainnya unik dengan 2 dek
melengkung melintas satu sama lain melalui menara penopang berbentuk X.
Quote:
7. Wind and Rain Bridge (Cina): Jembatan Bangsa Dong
Wind
and Rain Bridge adalah simbol arsitektor bangsa minoritas Dong. Wind
and Rain Bridhe di Diping adalah yang terbesar dalam jenisnya di
Provinsi Guizhou, dimana komunitas Dong terbesar Cina menetap. Jembatan
ini sepanjang 50 meter dan pertama dibangun tahun 1894 selama Dinasti
Qing 100 tahun yang lalu. Tetapi, struktur aslinya terbakar dalam
kebakaran besar 1959 dan yang dilihat pengunjung saat ini adalah
pembuatan ulangnya yang selesai tahun 1964.
Merupakan
arsitektur kayu murni yang terdiri dari pilar, purlin dan baluster
dalam berbagai ukuran dan bentuk. Badan jembatan terbagi menjadi tiga
bagian, yang terbesar di tengah berbentuk menara drum Cina tradisional.
Pilaster dan eave jembatan dihiasi dengan bunga dan pahatan dan jembatan
ini sangat unik.
Quote:
8. Tower Bridge (Britania Raya): Jembatan Victorian Paling Terkenal dan Terindah
Selesai tahun 1894 oleh Horace Jones
dan Wolfe Barry. Tower Bridge (dinamai sesuai dua menara mencolok
setinggi 141 kaki dan Tower of London di dekatnya) adalah salah satu
markah tanah terkenal di London dan salah satu yang terindah di dunia.
Jembatan sepanjang 800 kaki ini memiliki spasi 28 kaki bila tertutup
tapi terbuka di tengahnya hingga mencapai 140 kaki yang membolehkan
kapal berlayar di Thames. Di hari-hari dimana barang dipindahkan melalui
laut daripada udara jembatan ini dinaikkan sekitar 50 kali setiap
harinya. Tower Bridge menggunakan 432 pekerja yang membangunnya selama 8
tahun. Pada waktu itu mereka menenggelamkan 70.000 ton beton ke dalam 2
pier besar, menempatkan 2 struktur penopang ke tempatnya yang
masing-masing berbobot 1.000 ton dan menghiasi seluruh jembatan dengan
batu Portland dan granit Cornish untuk menutupi 11.000 ton besi di
bawahnya.
Quote:
9. Jembatan Air Magdeburg (Jerman): Jembatan Air Terbesar di Eropa
Jembatan Air Magdeburg menghubungkan
bekas Jerman Timur dan Barat di Sungai Elbe, dan dibangun sebagai bagian
dari proyek penyatuan kembali Jerman. Sepanjang 1 km, jembatan air
senilai 500 juta euro ini membolehkan kapal angkut sungai menghindari
kanal panjang yang padat di sepanjang Elbe. Pengapalan sering terhadang
di jembatan ini bila tanda air sungai berada di tingkat terendah.
Quote:
10. Ponte Vecchio (Italia): Jembatan Tertua dan Terkenal
Ponte Vecchio di Florence adalah salah
satu atraksi turis terkenal di Italia, dan dianggap sebagai jembatan
lengkung batu tertua di Eropa, meskipun banyak bagian yang lebih tua.
Sebenarnya dibangun dari kayu hingga akhirnya dihancurkan oleh banjir
tahun 1333, dan dua belas tahun kemudian jembatan dibangun kembali
menggunakan batu. Terkenal karena banyak pertokoan, jembatan ini
merumahkan setiap orang mulai pedagang dan tukang daging Abad
Pertengahan hingga toko cinderamata dan penjual karya seni.
Quote:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar